Sabtu, 18 Desember 2010

KEPENGURUSAN DEKRANASDA NGAWI DIKUKUHKAN

Kepengurusan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (DEKRANASDA) Kabupaten Ngawi periode 2010 – 2015 dikukuhkan dan dilantik Jumat (3/12) oleh Bupati Ngawi di R.M. Notosuman.
Hampir keseluruhan elite di Ngawi termasuk Wabub Ony Anwar hadir dalam acara tersebut, yang selanjutnya diadakan Musda untuk merumuskan program kerja lima tahun mendatang.
Dekranasda merupakan sebuah wadah pembinaan serta pengendalian anggota perajin dan pengusaha yang bergerak dibidang kerajinan, sehingga mampu bersaing ditingkat nasional maupun internasional. Dalam kesempatan membuka Musda dan Pengukuhan anggota tersebut, Bupati Ngawi Ir. Budi Sulistyono berharap agar kerajinan di Ngawi ke depan dapat bersaing dalam perdagangan nasional.
Ngawi memiliki beberapa keunggulan yang bisa meningkatkan daya saing perdagangan khususnya bidang kerajinan.Untuk itu secara khusus bupati berharap agar para pengusaha tidak berhenti untuk aktif berinovasi dalam kualitas kerajinan.
Senada dengan pernyataan tersebut, Ny. Hj. Eko Rustiyanti Budi Sulistyono, SH, berharap kerajinan khas Ngawi seperti kerajinan ukir dan pernik-pernik kayu jati, tas plastik, dan batik tenun dari Banyubiru bisa berkembang sedemikian rupa sehingga mampu berbicara banyak tentang potensi Ngawi dan akan mempromosikan Ngawi sebagai daerah yang maju.
“Saya pikir masyarakat Ngawi memiliki berbagai kerajinan mulai kerajinan berbasis makanan, seperti tempe, keripik singkong dan produk kripik yang lain, serta berbagai kerajinan khas yang tidak dipunyai daerah lain yang bisa dikembangkan menjadi kerajinan khas Ngawi. Aspek itu nantinya yang akan dikembangkan oleh Dekranasda Ngawi,” jelas Isteri Bupati Ngawi yang akrab dipanggil Ny. Antik optimis.
Di samping itu, Ny. Antik mematok agar setiap kecamatan nantinya memiliki produk unggulan. Kekayaan ragam kerajinan tersebut nantinya yang akan dapat pembinaan dari Dekranasda bekerjasama dengan dinas terkait. Ia juga mencontohkan pakaian seragam jas pengurus Dekranasda merupakan ragam corak batik dari Banyubiru.
Dekranasda merupakan lembaga nasional yang kepengurusannya sampai tingkat kabupaten, yang diketuanya secara exofficio oleh isteri bupati dan didampingi oleh seorang Ketua Harian yang juga exofficio dari Dinas Koperasi dan Perdagangan. Dengan keanggotaan terdiri para pengusaha disamping para pejabat dikedinasan terkait. Him.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar